Deretan Hari Baik Pindah Rumah yang Harus Anda Ketahui

Deretan Hari Baik Pindah Rumah yang Harus Anda Ketahui

Deretan Hari Baik Pindah Rumah yang Harus Anda Ketahui – Ada istilah pindah rumah dilakukan pada hari baik, sebab akan memberi kebahagiaan dan keberkahan. Lalu, apa saja hari baik pindah rumah yang dimaksud? Berikut terdapat 3 opsi hari baik yang harus Anda ketahui.

Menurut Islam

Hari baik untuk melakukan pindahan rumah menurut Islam yaitu disesuaikan dengan letak atau posisi dari hunian baru Anda berdasarkan arah mata angin. Jika rumah Anda yang baru menghadap timur, maka pindahlah pada bulan Rajab, Syaban, atau Ramadan.
Sementara itu, jika rumah baru Anda menghadap barat, Anda bisa pindah pada bulan Muharram, Safar, atau Rabiul Awal.

Nah, untuk rumah menghadap utara, hari baiknya adalah Jumadil Awal, Jumadil Kahir, atau Rabiul Akhir. Lalu, untuk rumah menghadap selatan, bisa pindah pada Syawal, Zulhijah, atau Zulkaidah.

Walaupun begitu, Anda dapat menentukan sendiri ingin pindah di hari atau bulan apa sesuai dengan kebutuhan Anda pindah rumah. Jadi, Anda tidak perlu terlalu berpatok pada ketentuan hari baik untuk pindah rumah.

Hanya saja, semua hari adalah hari baik, Anda pun boleh pindah pada hari-hari yang sudah ditentukan seperti menurut agama Islam. Dengan begitu, Anda bisa mendapat keberkahan atas rumah baru Anda.

Menurut Feng Shui

Menurut feng shui, hari baik pindah rumah bisa berdasarkan shio kepala keluarga yang bersangkutan yang akan pindahan rumah. Sebagai informasi, pada beberapa shio tertentu dapat menimbulkan konflik pada bulan tertentu pula, jadi perhatikan dengan baik hari yang tepat untuk pindah rumah menurut feng shui.

Deretan Hari Baik Pindah Rumah yang Harus Anda Ketahui

Misalnya, jika kepala keluarga memiliki shio Naga, maka jangan pindah pada bulan Oktober, sebab Oktober merupakan bulan dari shio Anjing yang dapat menimbulkan konflik.
Contoh lainnya adalah pada shio Ular yang berkonflik dengan Babi, dalam hal ini Babi memiliki bulan November. Jadi, pindah rumahlah pada bulan selain bulan November.

Menurut Weton Jawa

Penentuan hari baik pindah rumah selanjutnya yaitu berdasarkan weton Jawa. Anda harus mengetahui neptu tanggal lahir Anda terlebih dahulu. Apabila pindah dengan dengan keluarga, maka hitung juga neptu dari setiap anggota keluarga tersebut.

Cara untuk menghitung weton Jawa agar bisa memperoleh neptu yaitu menjumlahkan angka pada hari dan nama pasarannya. Misal, Anda lahir pada hari Senin Kliwon, jadi 4+8=12, maka neptu Anda adalah 12.

Selain itu, tentukan juga rencana hari pindah rumah, contohnya pada Sabtu Legi, maka penjumlahnnya adalah:

Neptu kelahiran: 12
Neptu hari pindah rumah: 9+5=14
Total neptu: 26

Maka, angka 26 tersebut dibagi 4 agar Anda bisa melihat kelebihannya. Apabila total neptu bisa dengan total habis dibagi 4, maka sisanya tetap dihitung sebagai 4.

Selanjutnya, pada hari pembagian tersebut nantinya akan menentukan kapan hari baik pindah rumah untuk Anda sesuai dengan weton Jawa. Untuk setiap angka 1-4 dari kelebihannya itu pun memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut merupakan artinya.

1: Guru – Lancar rezeki, dihormati, dan sejahtera.
2: Ratu – Banyak rezeki, berwibawa, dan disegani.
3: Rogoh – Kurang harmonis, tidak bahagia.
4: Sempoyong – Tidak betah di rumah, mendapat kesulitan, dan sering ribut.

Dari semua hari baik pindah rumah yang telah disebutkan, baik itu menurut Islam, menurut feng shui, ataupun menurut weton Jawa, pastinya Anda memiliki pendapat sendiri. Anda boleh pindah pada hari-hari tersebut atau tidak sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan Anda.