Cara Mengurangi Biaya Pindah Rumah Agar Lebih Hemat

Cara Mengurangi Biaya Pindah Rumah Agar Lebih Hemat

Cara Mengurangi Biaya Pindah Rumah Agar Lebih Hemat – Saat akan pindahan rumah, pasti akan mengeluarkan biaya. Mulai dari biaya jasa kirim, biaya kendaraan, biaya BBM, dan sebagainya. Nah, supaya Anda bisa lebih hemat, berikut ini merupakan cara mengurangi biaya pindah rumah agar lebih hemat.

⦁ Menjual Barang

Pertama, yaitu menjual barang. Saat melakukan packing, Anda pasti akan memisahkan barang-barang yang masih bisa digunakan dan yang tidak. Untuk barang yang masih digunakan, Anda akan mengemasnya dengan rapi dan aman untuk kemudian dipindahkan ke rumah baru.

Cara Mengurangi Biaya Pindah Rumah Agar Lebih Hemat

Sementara itu, jika menemukan barang yang sudah tidak digunakan namun masih layak pakai, jangan buru-buru membuangnya. Anda bisa menjualnya ke tukang loak, selain bisa menghemat biaya packing dan biaya muatan, Anda bisa mendapat sedikit uang dari menjual barang-barang ini. Anda juga bisa menjualnya jauh-jauh hari sebelum pindahan melalui e-commerce. Sebab, pelanggan di e-commerce lebih banyak meskipun Anda menjual barang second.

⦁ Biaya Packing

Cara mengurangi biaya pindahan rumah selanjutnya yaitu dari segi biaya packing. Untuk mengurangi pengeluaran membeli kemasan seperti kardus, styrofoam, atau bubble wrap untuk barang, Anda bisa mendapatkannya secara gratis, loh. Bagaimana caranya?

Anda bisa mendapatkan bahan packing secara gratis melalui sembako, pemberian tetangga, atau membelinya dengan harga murah di pengepul. Biasanya, pengepul memiliki banyak kardus bekas. Jadi, Anda bisa membelinya disana dengan harga murah.

Selain itu, sebagai alternatif lainnya Anda bisa memanfaatkan karung atau kantong bekas lainnya yang bisa dijadikan sebagai wadah penyimpanan barang. Baik itu barang-barang yang kecil atau yang sedang. Lumayan kan?

⦁ Biaya Kendaraan

Cara mengurangi biaya pindah rumah lainnya adalah dari segi biaya kendaraan. Jika Anda memiliki mobil pribadi, Anda bisa menggunakan mobil pribadi Anda untuk mengangkut sebagian barang-barang Anda. Seperti bantal, guling, pakaian, alat mandi, atau barang-barang kecil lainnya.

Sementara itu, untuk di kendaraan besar seperti truk atau pick up, hanya digunakan untuk barang-barang yang besar dan berat seperti kasur, lemari, mesin cuci, kompor, dan lain sebagainya. Ini dapat lebih menghemat biaya karena Anda tidak perlu menyewa mobil lainnya lagi untuk mengangkut barang atau bolak-balik mengambil barang dengan 1 kendaraan sewa yang sama.

⦁ Biaya Jasa

Tidak semua jasa kirim barang pindahan melayani jasa bongkar muat juga. Meskipun hanya membantu untuk menaikturunkan barang di posisi yang terdekat dengan rumah, namun terkadang ada yang menagih uang bongkar muat. Tentu hal ini akan membuat Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk jasa bongkar muat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengajak keluarga, kerabat, atau saudara untuk dapat membantu memindahkan barang dari luar rumah ke dalam rumah.
Dengan begitu, selain menghemat biaya, kegiatan pindahan pun akan menjadi menyenangkan sebab semua berkontribusi dalam proses pindahan.

⦁ Biaya Furnitur Baru

Cara mengurangi biaya pindah rumah lainnya yaitu dari segi biaya furnitur baru. Apabila Anda berencana membeli furnitur baru, sebaiknya Anda sudah menyiapkan dana dengan matang. Manfaatkan momen-momen toko yang sedang mengadakan promo atau cuci gudang.
Sebab, disamping furnitur baru, masih ada keperluan lain yang lebih penting lagi. Jadi, jangan sampai Anda membeli furnitur berlebihan apalagi dengan harga yang terlalu mahal.

Sekian informasi tentang cara mengurangi biaya pindah rumah yang perlu Anda ketahui. Dari uraian di atas, Anda bisa mengetahui apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi biaya pindahan rumah.