Cara Pindah Rumah Menurut Islam, Salah Satunya Membuat Syukuran

Cara Pindah Rumah Menurut Islam, Salah Satunya Membuat Syukuran

Cara Pindah Rumah Menurut Islam, Salah Satunya Membuat Syukuran – Dalam Islam, ada tata cara pindah rumah yang baik supaya rumah yang ditempati aman, nyaman, dan memberi keberkahan. Selain itu juga dapat menciptakan suasana rumah yang harmonis dan senantiasa terdapat kebahagiaan. Berikut merupakan cara pindah rumah menurut Islam.

Cara Pindah Rumah Menurut Islam, Salah Satunya Membuat Syukuran

⦁ Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam kepada sesama muslim akan memberikan kebaikan. Begitu pula saat akan memasuki rumah baru. Ucapkan salam ketika baru pertama kali memasuki rumah baru yang akan ditinggali.

Dengan mengucap salam, maka akan memberikan kedamaian, ketenangan, dan juga kenyamanan bagi penghuni rumah. Sebab, salam sendiri memiliki arti kesejahteraan yang ditujukan pada sesuatu yang diberi salam.

Hal ini didukung oleh firman Allah dalam QS An-Nuur: 61, bahwasanya, “Maka apabila kamu memasuki rumah, hendaklah kamu memberi salam yang berarti memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.

⦁ Mengadakan Syukuran

Cara pindah rumah menurut Islam selanjutnya yaitu mengadakan syukuran. Banyak masyarakat yang melakukan ritual ini ketika baru saja melakukan pindah rumah. Biasanya, syukuran diadakan setelah beberapa hari atau beberapa minggu pasca pindah ke rumah baru.

Syukuran dilakukan semata-mata atas rasa syukur kepada Allah Subhanahu wata’ala atas berkah dan kenikmatan dari rumah baru yang akan ditinggali. Para ulama juga memperbolehkan kegiatan seperti ini selama tidak diikuti dengan kegiatan lain di luar syariat Islam.

Biasanya setelah pengajian, orang-orang yang datang ke acara syukuran disuguhkan beberapa hidangan sederhana. Dari sini juga bisa menjadi ladang amal dan sedekah, dengan begitu Anda akan mendapat pahala atas perilaku baik Anda seperti ini kepada orang-orang yang datang syukuran.

⦁ Silaturahmi dengan Tetangga

Biasanya, orang yang baru pindah rumah juga suka mengunjungi tetangga. Ketika Anda baru pindah rumah sebaiknya melakukan hal ini, tujuannya adalah untuk menyambung tali silaturahmi dan juga saling berkenalan.

Bahkan, Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam mengajarkan untuk saling memuliakan tetangganya. Hal ini diperkuat dalam HR Bukhari 5589, Muslim 70 yang menjadikan cara pindah rumah menurut Islam yaitu dengan silaturahmi pada tetangga.

Anda bisa mengunjungi tetangga sambil membawa sedikit bingkisan kecil, walau hanya sederhana namun bisa memberikan citra baik pada Anda. Dengan begitu akan menciptakan suasana yang tentram dan akrab.

⦁ Tidak Memajang Benda Berbau Syirik

Syirik artinya yaitu menyekutukan Allah. Secara umum, ada dua macam syirik yang dikenal di dalam hukum syariat. Pertama yaitu syirik Rububiyyah, yang menjadikan sekutu selain Allah. Kedua, syirik Uluhiyyah, yaitu beribadah kepada selain Allah.

Salah satu contoh syirik sederhana yang biasa dianggap wajar oleh masyarakat adalah menyimpan jimat di dalam rumah, patung, gambar, atau apapun yang dianggap mempunyai kekuatan magis dan juga dapat mendatangkan rezeki. Ini merupakan cara pindah rumah menurut Islam agar sekiranya Anda bisa memahaminya dengan baik.

⦁ Perbanyak Ibadah

Ketika menempati rumah baru, alangkah baiknya memperbanyak ibadah dengan melakukan shalat dan mengaji. Sebab, rumah yang diisi dengan sebutan-sebutan nama Allah, maka akan mendatangkan keberkahan dan kebaikan.

Berbeda jika tidak disebut dengan nama Allah, seperti perumpamaan orang hidup dan mati. Hal ini diperkuat dalam HR Bukhari 6407.

Nah, itu dia cara pindah rumah menurut Islam. Sebaiknya, lakukan hal-hal di atas ketika Anda baru saja akan pindah ke rumah baru agar memiliki suasana rumah yang aman dan tentram serta berkah.